Tiba-tiba teringat satu lagu yang dulu sering terdengar waktu ada hajatan di rumah tetangga. Judulnya entah apa tapi yang pasti bunyi beberapa liriknya yang kuingat adalah seperti berikut ini.

……………………………..

Tahun 2000 tahun serba mesin

Berjalan berlari menggunakan mesin

Manusia tidur berkawan mesin

Makan dan minum dilayani mesin

……………………………..

Seingatku lagu ini dulu ada sekitar tahun 1990an, masa sebelum alat-alat canggih membumi seperti sekarang. Jadi, lagu ini mungkin bisa dibilang sebagai ramalan para penulis lagu yang sekarang benar-benar terjadi, ya seperti halnya ramalan dalam serat joyoboyo yang beberapa poinnya benar-benar terjadi saat ini. Mungkin khalayak pembaca bertanya-tanya bagaimana bisa aku mengatakan demikian. Baiklah, aku akan memberikan sedikit analisa.

Pertama, lirik Tahun 2000 tahun serba mesin berdasarkan makna literalnya bisa berarti bahwa tahun 2000 adalah awal dimana segala sesuatu selalu berkaitan dengan mesin. Dalam hal ini, jumlah mesin yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia di bumi semakin bertambah. Kemudian, Berjalan berlari menggunakan mesin. Bagian lirik yang ini tentu benar adanya. Dulu orang-orang yang ingin olah raga dengan mudah bisa hanya dengan berjalan-jalan atau berlari-lari di lapangan, taman atau di halaman rumah. Sedangkan sekarang, olah raga itu bisa dilakukan di dalam rumah dengan menggunakan satu alat olah raga yang dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan beberapa mesin canggih. Lirik ini juga bisa diartikan bahwa saat ini berjalan dan berlari untuk sampai ke suatu tempat tidak harus dilakukan lagi karena kita bisa menggunakan sepeda motor atau bahkan mobil.

Manusia tidur berkawan mesin, lirik yang cukup menggelitik. Kalau dulu seseorang cukup tidur di kamar berteman tempat tidur beserta perlengkapanya, sekarang orang-orang tidur di kamar berAC, berhadapan dengan TV, atau bahkan bersanding dengan Handphone dan menyalakan mp3. Dan yang terakhir Makan dan minum dilayani mesin. Bagaimana tidak, sekarang semuanya serba berbau mesin. Hampir semua makanan dan minuman diolah dan disajikan dengan mesin. Kalau ingin masak nasi, kita tidak perlu lagi menanaknya dengan tungku nasi di atas kompor tapi kita cukup menggunakan alat bernama rice cooker dan kalau kita ingin minum jus, kita tidak perlu lagi susah-susah memeras buah-buahan karena kita bisa dengan mudah menggunakan blender. Bahkan kalau kita benar-benar malas memasak sendiri, kita bisa dengan mudah pesan makanan yang kita inginkan dan tentu saja hanya dengan menggunakan mesin komunikasi yang namanya telepon.

Jadi, benar-benar serba mesin bukan??….apalagi sekarang 10 tahun lebih dari tahun 2000 setiap hari manusia pasti bersinggugan dengan makhluk bernama mesin. Suatu saat pertanyaan yang muncul bukanlah apa saja mesin yang kita pakai melainkan apa saja benda bukan mesin yang kita pakai.🙂