Dua tahun yang lalu saya membuat catatan ini, yang rupanya masih tersimpan di akun FB. Kemarin, setelah membaca catatan ini lagi saya pun bertanya-tanya apakah saya sudah termasuk dalam kategori orang yang dibilang dewasa. Hmm sepertinya agar objektif, orang lain lah yang bisa menilai.🙂

Growing Up
“Seberapakah tingkat kedewasaan seseorang itu?? apakah qt bs melihatnya dr seberapa jauh dia bisa menghadapi masalah dalam hidup atau seberapa banyak dia bisa memberikan solusi bagi setiap masalah yang dia hadapi dan dihadapi orang lain??..ehm..in my opinion, seberapa tingkat kedewasaan itu bukanlah sesuatu yang penting. yang terpenting adalah pencapaian kedewasaan itu sendiri karena proses mencapai suatu kedewasaan itu bukanlah suatu proses yang instant. Banyak hal yang harus dilalui demi tercapainya kedewasaan itu; hal-hal yang membuat qt tertawa, menangis, hingga akhirnya menyadarkan qt akan setiap serpihan makna hidup yang belum begitu nyata.”

Dua tahun sudah berlalu, dan saya pun menambahkan beberapa hal yang mungkin dilalui dalam proses pencapaian kedewasaan itu: bisa memenuhi komitmen atau janji terhadap diri sendiri, menjaga setiap perkataan, bisa menentukan sikap dalam situasi dan kondisi apapun, dan berani mengambil keputusan tanpa mengabaikan ‘pertimbangan-pertimbangan’.

Well, sepertinya hingga kemarin, ketika jatah hidup yang diberikan kepada saya minus satu tahun (lagi), saya masih dalam proses pencapaian kedewasaan itu.^^’

~ Growing up is a process, not an event. ~ (Paul B. Jamison)

–kacabiru–