“All endings are also beginnings. We just don’t know it at the time…” (Mitch Albom).

Kumpulan kata-kata dengan penjelasan teori-teori pendukung dari beberapa ahli itu akhirnya tersusun rapi, bersampul coklat yang bertahtakan logo makara. Setahun penulisan berakhir sudah. Puji syukur terlantun.
DSC01346 - Copy
Untaian kalimat-kalimat berjilid kertas dengan logo makara itu bukan hanya syarat diperolehnya predikat baru di belakang nama. Sampul coklat itu bukan hanya sebuah pencapaian. Lebih dari itu, rangkaian kata-kata bersampul coklat itu adalah pengalaman yang telah mengajarkan banyak hal: kesungguhan, kesabaran, keikhlasan, kekuatan, dan kepedulian. Setiap huruf yang tersusun dari hasil pemikiran dan pertimbangan itu adalah ucapan terima kasih yang tersirat untuk setiap doa yang terlantun.

Semua rangkaian abjad itu adalah salah satu mozaik cerita yang bermula dari dua setengah tahun yang lalu ketika sepasang kaki menapak di sebuah universitas beridentitas warna kuning itu. Hari demi hari berlalu dengan semangat yang naik turun. Rasa senang dan kecewa pun menjadi bumbu-bumbu yang menambah keistimewaan setiap detik yang dilewati demi tercapainya asa.

Setahun merangkai kata-kata ilmiah dalam sampul coklat berlogo makara, dan tiga puluh bulan pengumpulan serpihan-serpihan pemahaman ilmu yang diharapkan pun berlalu. Dalam satu tahun perjalanan pena itu, tak jarang ide-ide mengalir deras bak arus sungai setelah hujan semalaman. Tak mustahil juga ide-ide itu terhenti begitu saja layaknya air kran yang karatan. Hingga akhirnya setelah argumen ilmiah dari setiap kata dipertahankan di hari yang tak terlupakan, hujan badai yang menyebabkan banjir di Ibu Kota, sampul coklat berlogo makara itu pun diterima.
IMG_0245 - Copy
Namun, kumpulan kertas putih bersampul coklat bermakara itu bukanlah titik akhir pencarian kepingan-kepingan misteri ilmu. Masih banyak kata yang perlu dirangkai, dan sampul coklat itu adalah titik awal untuk mozaik-mozaik yang lain. “Each end gives us the best opportunity for a rebirth” (Paulo Coelho).

–kacabiru–