“Apa arti Dua Ribu Empat Belas bagimu?”

Sebuah pertanyaan yang tiba-tiba terlintas dalam benakku beberapa menit yang lalu, saat aku melihat kalender dan kedua mataku terhenti pada hari Minggu, 28 Desember 2014. Tidak terasa tiga hari lagi kalender itu perlu diganti dengan satu yang bertuliskan 2015.

Tidak seperti pergantian-pergantian tahun sebelumnya, dimana aku merasa biasa saja karena menurutku pergantian tahun itu hanyalah pergantian hari yang ditandai dengan pengulangan urutan bulan dari awal lagi karena masa 12 bulan sudah habis, saat aku melihat kalender itu aku menarik nafas dalam-dalam, begitu dalam. Ya, karena Dua Ribu Empat Belas sangat istimewa. Dua Ribu Empat Belas bisa jadi jumlah peristiwa-peristiwa yang telah kulalui selama ini.

Aku memang seharusnya lebih banyak bersyukur karena telah diberikan kapasitas ingatan yang cukup untuk mengingat detail-detail beberapa peristiwa yang telah terjadi selama ini sehingga aku bisa mengambil pelajaran dari semua itu. Ya meski kadang ingin cepat saja melupakan hal-hal tersebut karena semua itu sedikit banyak membuatku terpaku pada satu titik.

Lebih dari tahun-tahun sebelumnya, Dua Ribu Empat Belas telah menunjukkan kepadaku hal-hal yang mengajarkan tentang kehidupan, tentang bagaimana rasanya berada di titik tertinggi dan tiba-tiba tersungkur di titik terendah, bagaimana harus bangkit, bagaimana menyikapi masalah yang melibatkan teman dan sahabat, serta bagaimana menumbuhkan kembali kepercayaan yang sempat hilang. Dua Ribu Empat Belas adalah masa ketika aku harus mengambil keputusan-keputusan besar yang tentunya akan mempengaruhi kehidupanku di masa-masa mendatang.

Dua belas bulan dalam bingkai 2014 telah merekam keistimewaan-keistimewaan doa ibu dalam setiap nafasku, saudara dalam setiap risauku, sahabat dalam setiap sepiku, dan senyuman dalam setiap sedihku. Peristiwa-peristiwa selama 366 hari pada 2014 telah meyakinkanku bahwa Dia selalu ada untukku, bahwa Dia adalah Sang Perencana, dan bahwa Dia mengajarkankan kesabaran dalam setiap doa karena Dia adalah Maha Mengetahui apa yang baik dan yang buruk bagi hamba-Nya.

Apa arti Dua Ribu Empat Belas? Dua ribu empat belas, bagiku, adalah kombinasi angka yang membingkai sederetan cerita yang bisa membuatku menjadi orang yang lebih dewasa dan bijaksana.

“Apa arti Dua ribu empat belas bagimu?”

–kacabiru–

Advertisements